Dini Hidayati's Blog
Just another WordPress.com site

Faktor penyebab siswa bolos sekolah

BAB I Pendahuluan

A.Latar Belakang Masalah
Belakangan ini banyak terjadi penyimpangan di kalangan siswa, seperti malas belajar, bolos sekolas, cabut pada mata pelajaran tertentu, tidak mengerjakan PR, catatan tidak lengkap, berpakaian tidak rapi dll.

B.Rumusan Masalah
Apa yang menjadi penyebab siswa bolos sekolah

C.Pemecahan Masalah
Masalah siswa yang bolos sekolah dapat di carikan pemecahannya dengan menelusuri faktor-faktor penyebab mengapa siswa tersebut bolos.

D.Kerangka Berpikir
-bahwa bolos sekolah merupakan perilaku menyimpang oleh siswa
-bahwa siswa bolos sekolah tentu ada penyebabnya

E.Tujuan Penulisan
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab mengapa siswa bolos sekolah.
F.Manfaat
Manfaat dari tulisan ini, diharapkan;
-Guru dapat membantu siswa mencarikan alternatif agar ia dapat mengatasi masalahnya untuk tidak bolos sekolah lagi.
-Siswa dapat menjadikan tulisan ini sebagai bahan tambahanpengetahuan dan pengalaman agar ia mampu mengatasi masalahnya yang suka bolos sekolah.
-memperluas pengetahuan penulis dengan membahas hal ini yang harus membaca beberapa sumber untuk dapat menuliskan dan membahas topik ini.

BAB II Landasan Teori
1.Pengertian bolos sekolah.
Yang di maksud dengan bolos sekolah di sini adalah:
a. keadaan dimana siswa tidak datang kesekolah untuk mengikuti pelajaran
sebagaimana mestinya pada jam yang telah ditetapkan( penulis, red)
b.suatu perbuatan mangkir, melarikan diri dari aktifitas sekolah
2.Pengertian faktor penyebab.
Yang di maksud dengan faktor penyebab di sini adalah, segala yang menjadi alasan yang ada kaitannya dengan kegiatan belajar, sehingga siswa tidak hadir di sekolah tanpa sepengetahuan pihak sekolah.
3.Faktor-faktor penyebab siswa bolos sekolah.
Jika kita baca dari beberapa sumber yang ada, maka kita dapat menggambarkan beberapa faktor penyebab sehingga siswa bolos sekolah di antaranya;
A.Faktor Internal, yaitu faktor yang berasal dari siswa berupa
a.perilaku dan kebiasaan siswa yang memang tidak suka belajar.Sekolah hanya di jadikan tempat mangkal karena kalau di rumah nanti di suruh kerja dan tidak dapat jajan sekolah.
b.tidak ada motivasi belajar.Siswa sepertinya tidak ada dorongan untuk maju entah bercita-cita menjadi apa, sehingga ia tidak merasa perlu untuk sekolah secara baik.
B.Faktor Eksternal berasal dari luar;
a.di pengaruhi oleh teman yang suka bolos, hal ini bisa terjadi misalnya karena ia punya teman yang suka bolos dan bermain seperti di taman, internet dll.
b.tidak mampu mengikuti pelajaran di sekolah, artinya siswa tidak mampu menguasai pelajaran tertentu sehingga menyebabkan ia malas belajar/bolos.
c.tidak mengerjakan PR, artinya bahwa siswa yang bersangkutan mempunyai tugas dari guru yang belum di selesaikan, sehingga ia takut masuk nanti dimarahi guru.
d.peraturan sekolah longgar.Peraturan dan pengawasan sekolah yang longgar kurang begitu memperhatikan anak didiknya dengan alasan tertentu juga bisa menjadi penyebab siswa gampang bolos karena pihak sekolah tidak pernah menindaklanjutinya.
e.suasana belajar tidak menarik.Hal ini bisa terjadi kalau guru yang mengajar kurang memperhatikan suasana belajar di kelas bagaimana agar siswa merasa senang setiap mengikuti pelajaran yang di sajikan.
f.hukuman yang tak setimpal atas kesalahan/pelanggaran yg di lakukan siswa.
Kadangkala ada guru yang tak mampu menahan emosi karena pelanggaran yang berulang-ulang dilakukan oleh siswa sehingga hukuman yang di berikan melebihi apa yang seharusnya.
(http://aktual-asiddau.blogspot.com/2010/10/kalau-harus-menghukumberilah-hukuman.html)

BAB III Penutup
A.Kesimpulan
Bahwa bolos sekolah sudah merupakan hal yang umum dilakukan oleh siswa pada jaman sekarang ini.Hal ini bisa saja terjadi di karenakan siswa kurang memahami statusnya sebagai siswa dan kurang mengerti tujuan hidupnya.Bolos sekolah sebenarnya bukan semata-mata karena kenakalan siswa, melainkan juga karena ketidak-mengertiannnya akan tugasnya sebagai siswa dan akibat yang akan ia peroleh jika ia sering bolos.

B.Saran-Saran
Hendaknya apa yang telah di bahas di atas bisa difahami dan di jadikan sebagai bahan masing-masing pihak yang terkait dengannya guna mengurangi faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa bolos sekolah.

No Responses to “Faktor penyebab siswa bolos sekolah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: